Cart
There are no products in your Cart.
Special Cart
There are no products in your Special Cart.
13/08/2017

Beauty 101: All About Eyeliner

Rasanya tidak berlebihan bila saya bilang bahwa eyeliner merupakan salah satu produk makeup yang wajib kita miliki. Bagaimana tidak, hanya dengan satu tarikan garis saja bisa membuat tampilan mata menjadi lebih pop!.  Yang tadinya matanya kecil, bisa disulap menjadi doe eyes atau cat eyes yang edgy.  Untuk yang matanya besar juga bisa terlihat makin cantik karena eyeliner bisa mempertegas keindahan bentuk matamu. Dengan satu produk saja, kita bisa bebas berkreasi dalam membuat eye makeup look. Nah, oleh karena itu dalama artikel ini, kita akan membahas tentang tipe-tipe eyeliner serta rekomendasi produknya.

 

1.Pencil Eyeliner

 

Tipe satu ini merupakan produk eyeliner yang sangat mudah ditemukan di pasaran, karena eyeliner berbentuk pensil ini paling basic dan  mudah digunakan, bahkan untuk beginner yang baru belajar “menggambar”. Pencil eyeliner juga cocok untuk tampilan smokey eye makeup atau smudged look. Saya pribadi menyukai pencil eyeliner yang teksturnya creamy, karena lebih mudah untuk digunakan dan di-blend. Sesusai dengan namanya, produk ini harus selalu diraut, tips dari saya sebelum menggunakan pencil eyeliner, pastikan ujungnya selalu runcing, jadi saat menggambar garisnya lebih presisi. Untuk yang teksturnya creamny, biasanya dia lebih soft atau lunak sehingga mudah untuk patah, karena itu usahakan jangan terlalu ditekan saat digunakan. dan bila diraut, sebaiknya jangan diraut terlalu panjang (ujungnya pensilnya keliatan banyak) karena bakal mudah untuk patah juga, daripada boros, dikira-kira saja pas dirautnya. Untuk pencil eyeliner, saya merekomendasikan Urban Decay 24/7 Glide On Eye Pencil karena dia teksturnya creamy tapi tidak terlalu soft, mudah digunakan, pigmented dan ketahannya ok banget, pilihan warnanya juga banyak. Selain Urban Decay, untuk harga yang lebih terjangkau, ada pendatang baru di BeautyHaul yaitu brand lokal yang lagi naik daun banget, BLP Beauty Dual Eye Definer. Nah, kalau ini lebih seru lagi karena ada 2 eyeliner dengan warna yang berbeda dalam 1 produk. Ujung satu merupakan matte eyeliner sementara diujung lainnya ada shimmery eyeliner. Kualitasnya? Nggak usah diragukan lah ya.. dengan nama besar Lizzie Parra sebagai founder BLP Beauty rasanya sudah cukup menjadi jaminan kalau produk ini memiliki kualitas yang OK!

 

2. Liquid Eyeliner

 

Untuk tipe satu ini, bagi saya pribadi cukup tricky. Pakainya gampang-gampang susah,  butuh waktu untuk latihan dan tangan yang stabil, soalnya kalau kitanya clumsy atau tangannya shaky, bakal kecoreng kemana-mana deh hehe. Namanya juga liquid, biasanya dia perlu waktu untuk kering dan mudah untuk flaky.  Bagusnya liquid eyeliner ini kita bisa fleksibel dan mudah untuk bikin garis yang tipis banget atau yang tebal ala Cleopatra. Tips dari saya untuk yang baru ingin mencoba liquid eyeliner, pilih yang ujung brushnya slim atau tipis, jadi kamu bisa mulai menggambar dari garis yang tipis dulu, kalau salah pun lebih mudah untuk dibersihkan dibandingkan dimulai dengan garis yang lebih tebal. Tipe satu ini pun paling cocok untuk membuat cat eyes atau wing liner atau droppy look yang nama bekennya itu puppy eyes (kalau cat eyes yang ujungnya naik ke atas, puppy ujungnya ke bawah).  Liquid eyeliner favorit saya adalah Kat Von D Tatto Liner, harganya memang lumayan ya, tapi bener-bener worth it deh.  Pigmented trus tahan lamanya itu loh.. juara! Sesuai deh dengan klaim produknya. Makanya nggak heran kalau produk ini menjaid favorit bahkan sampai menang beauty award juga!. Selain Kat Von D, saya juga suka dengan Jesse's Girl Waterproof Liquid Eyeliner. Kuasnya cocok banget buat bikin garis tipis, jadi bisa menggambar winged liner yang rapi dan presisi. Formulanya juga bagus, cepat kering dan waterproof.

 

la

 

3. Gel atau Cream Eyeliner

 

Kalau kamu suka banget pakai eyeliner untuk daily makeup, I mean like literally can't go out without eyeliner, maka produk ini cocok banget buat kamu! Karena bentuknya gel, jadi kamu tidak perlu ambil banyak produk, a little goes a long way. Dalam hal konsistensi dan formula, gel atau cream eyeliner biasanya memilik warna yang lebih pekat,  lebih creamy, lebih bold dan cendrung lebih tahan lama dipakai seharian bila dibandingkan dengan tipe eyeliner lainnya. Selain itu, mudah untuk di-smudge dan cocok buat bikin garis yang tebal. Tapi untuk memakai gel/cream eyeliner ini, harus menggunakan brush eyeliner. Ada produk yang sudah disertakan bersama brushnya tapi ada juga yang harus beli terpisah. Karena memakai brush, jangan lupa untuk rutin membersikan kuasnya supaya higienis. Kekurangan dari gel eyeliner ini adalah dia cepat kering, jadi pastikan untuk selalu ditutup rapat sehabis digunakan, ya. Nah, makanya saya lebih merekomendasikan produk ini untuk orang yang rajin memakai eyeliner, biar kepakai terus. Sayang kalau gel eyeliner jarang dipakai, karena yang ada malah jadi kering, susah untuk digunakan, jadinya mubazir deh. Rekomendasi saya untuk gel eyeliner ini ada Bobbi Brown Long Wear Gel Eyeliner yang merupakan cult classic, sudah sering banget dapat beauty awards dan jadi favorite MUA karena kualitasnya yang memang juara!. Intinya buat produk satu ini.. harga nggak bohong :) . Sayang untuk kuasnya harus beli terpisah. Buat yang mau cari gel eyeliner yang sudah ada brushnya juga, ada 3CE Gel Eyeliner + Brush yang pigmented dan tahan lama, dan Beauty Creations Gel Eyeliner with Brush yang harganya sangat aman buat kantong. 

 

 

bobbi brown

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain ketiga tipe itu kita juga bisa menggunakan eyeshadow sebagai eyeliner. Caranya pun mudah, tinggal pilih warna eyeshadow yang berbentuk powder kesukaanmu, lalu ambil angled brush yang ujung kuasnya dibasahi sedikit dengan air lalu dip ke eyeshadownya dan aplikasikan seperti kamu biasa pakai eyeliner dengan brush. Kalau mau yang lebih mudah bisa gunakan eyeshadow yang bentuknya stick atau pen, tinggal bikin garis, jadi deh. 

 

Oh ya, kayaknya kurang lengkap kalau kita tidak membahas soal waterline, yaitu pemakaian eyeliner pada area di sepanjang garis bulu mata bagian bawah.

 

waterline

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teknik ini memang bagus banget untuk memberikan definisi atau mempertajam bentuk mata kita serta memberikan efek mata semakin besar dan lebar. Bagi saya pribadi, waterline ini sangat tricky dan bukan hal yang wajib banget untuk diaplikasikan ke semua orang. Karena pemakaiannya di area pinggiran dalam mata jadi lebih rentan untuk iritasi. Untuk yang matanya sensitif, harus picky memilih produk dan hati-hati dalam pengaplikasian supaya mata tidak berair atau terkena iritasi ringan. Saya termasuk orang yang matanya mudah berair, jadi saya cendrung menjauhi teknik waterline ini. Tetapi banyak juga teman saya yang cocok banget dengan waterline, mata mereka terlihat lebih cantik dan pop, seakan membuat orang untuk fokus melihat mata mereka :) 

 

waterline

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

Eyeliner yang cocok untuk teknik ini adalah pencil eyeliner yang waterproof. Warna yang biasa digunakan untuk waterline adalah hitam, putih atau nude-beige. Menurut saya, untuk tampilan yang lebih natural, warna nude/beige lebih pas dibanding warna lainnya, plus cocok untuk pemanis no makeup makeup look juga. Sementara hitam lebih cocok untuk smokey eye dan putih juga bisa digunakan untuk daily makeup atau pelengkap tampilan eye makeup dengan warna eyeshadow yang cool toned. Kalau dibandingin antara warna hitam dan nude/putih, hitam lebih membuat mata terlihat sedikit lebih kecil tapi sebagai gantinya, dia membuat tampilan mata lebih tajam seakan bilang "I see you!" dibanding pakai warna nude/putih. 

 

Produk yang saya rekomendasikan untuk waterline itu ada the famous Rimmel London Scandal Kohl Eyes dan NYX Wonder Pencil, keduanya termasuk murah, harganya nggak sampai 100rb. Selain itu ada Urban Decay 24/7 Waterline Eye Pencil yang memiliki varian warna yang lebih banyak, jadi bisa bebas berkreasi bikin aneka macam eye makeup look!.

 

Nah, sampai disini dulu pembahasan kita mengenai eyeliner. Di artikel selanjutnya, saya akan membahas lebih dalam lagi mengenai teknik atau tutorial eyeliner lainnya. Semoga dengan artikel ini bisa membantu memilih eyeliner yang cocok dengan kebutuhan kalian, ya! :)

 

 

Related Article